Author Avatar

admin

0

Share post:

PC telah lama menjadi andalan para gamers perihal teknologi yang meanawarkan tampilan serta kualitas yang canggih, namun kini ada Smart TV yang serius untuk menjadi kompetitor PC.

Modern ini, produsen TV menjadi sama seriusnya dengan kualitas dan teknologi yang mereka tawarkan. Banyak pabrikan mulai menawarkan model TV berkemampuan HDMI 2.1 dengan fitur dan harga yang menjadikan TV sebagai alternatif cukup menarik untuk menyaingi monitor komputer.

“Gagasan untuk dapat menggunakan TV dengan memainkan fitur game daripada hanya terbatas pada monitor adalah berita bagus,” kata Duta Gaming HDMI Tyler Maclachlan, yang juga dikenal sebagai Bustin di aplikasi Twitch. “Itu berarti lebih banyak pilihan dan lebih banyak fleksibilitas di mana kita bisa bermain.”

Apa Saja Fitur HDMI 2.1 TV Gaming?

Yang membuat TV HDMI 2.1 saat ini cukup ideal untuk bermain game dimulai dengan resolusi dan kecepatan refresh. Dengan dukungan untuk resolusi 4K pada 120Hz, set ini tidak hanya menawarkan resolusi ruang yang lebih besar dengan empat kali jumlah piksel yang di kategorikan sebagai full HD, tetapi juga dua kali refresh rate dari TV 4K 60Hz yang cukup populer. Pada 120Hz, game yang bergerak cepat tampak terlihat lebih tajam. Untuk gamer yang tidak terlalu mementingkan kecepatan refresh dan lebih menginginkan resolusi tinggi yang imersif, rangkaian ini juga mesti mendukung 8K 60Hz.

Tapi masih banyak lagi beberapa model TV berkemampuan HDMI 2.1 dilengkapi dengan fitur internal yang dirancang khusus untuk gamer hardcore, seperti Variable Refresh Rate (VRR), Auto Low Latency Mode (ALLM) dan Quick Frame Transport (QFT).

VRR membuat gameplay lebih lancar. Game merancang frame untuk lebih cepat, dan waktu yang diperlukan untuk mengimbanginya bergantung pada sejumlah variabel, seperti tingkat kesulitan frame, resolusi layar, dan kecepatan GPU. VRR menghilangkan kemungkinan jeda gambar, getaran, dan transisi frame dengan menunggu untuk menampilkan frame berikutnya sampai semuanya dirender sepenuhnya.

ALLM, juga dikenal sebagai TV mode game, mengirimkan sinyal dari konsol game atau PC game ke TV yang secara otomatis menempatkan televisi ke mode latensi rendah dan lag rendah. Saat TV tidak lagi menerima sinyal ALLM, seperti saat menonton film, ALLM akan menonaktifkan ALLM untuk memastikan pemain mengalami sensasi menikmati hiburan secara optimal.

TV berkemampuan HDMI 2.1 juga menawarkan QFT, yang mengurangi bug dan menghilangkan kelambatan dalam bermain game serta menghadirkan realitas virtual interaktif dengan dukungan real time.

TV ini bahkan memberi para gamer yang terbiasa memakai headphone untuk mencoba kembali kualitas baru untuk audio game mereka. Dengan dukungan dari Enhanced Audio Return Channel (eARC), TV berkemampuan HDMI 2.1 dapat mendukung pengalaman audio imersif berkecepatan tinggi, seperti Dolby Atmos dan DTS: X.

Dolby Atmos adalah teknologi suara yang dikembangkan oleh Dolby Laboratories . Ini memperluas cakupan sistem suara yang ada dengan menambahkan saluran ketinggian, memungkinkan suara diinterpretasikan sebagai objek tiga dimensi. Perilisan Atmos sendiri sudah mencapai pasar bioskop, berbagai teknologi konsumen telah dirilis dibarengi merek Atmos, dengan menggunakan speaker di langit-langit dan up-firing.

Ditambah, ada tampilan dari Dolby Atmos yang terus berkembang, seperti pada acara TV dan layanan streaming yang tersedia. Untuk gamer yang ingin melepaskan headphone atau mereka pro player yang bermain di depan penonton, eARC adalah jalan menuju pengalaman audio imersif yang tak tertandingi.

Netflix Join

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *