Author Avatar

admin

0

Share post:

 

PlayStation 5 ( PS5 ) adalah konsol buatan Sony Interactive Entertainment . PS5 pertama kali dirilis pada 12 November 2020, di Australia, Jepang, Selandia Baru, Amerika Utara, Singapura, dan Korea Selatan, dan kemudian rilis di seluruh dunia pada seminggu kemudian. PS5, bersama dengan konsol Microsoft yakni Xbox Series X dan Series S, dirilis pertama kali pada bulan yang sama, dan mereka adalah bagian dari konsol video game generasi kesembilan .

PlayStation 5 secara umum dinilai dengan baik dari para pemain saat dirilis, dengan banyak pujian atas peningkatan umpan balik haptic dan pemicu adaptif dari pengontrol DualSense-nya. Fitur antarmuka cukup dipuji karena cepat dan mudah diarahkan.

Banyak kritikus menemukan desain konsol terpolarisasi. CNET menggambarkan skema warna hitam dan putih sebagai “pahatan” yang cukup elegan. Ukurannya yang besar dikritik oleh Tom’s Guide sebagai “tidak elegan” dan oleh beberapa kritikus lain sebagai hal yang membuat kurang nyaman integrasinya untuk pusat hiburan di rumah. Namun, banyak yang mengakui ukuran yang agak besar ditujukan untuk meningkatkan pendinginan dan peredaman operasinya.

Selama minggu pertama rilis di Jepang, 103.901 konsol standar terjual, dan 14.181 Edisi Digital terjual. Total gabungan 118.082 PS5 terjual di Jepang selama minggu peluncurannya dan menjadikan konsol tersebut terlaris di negara itu untuk minggu penjualan tersebut. Di Inggris, PlayStation 5 merupakan konsol video game terlaris yang terjual di bulan November. Di Spanyol, PS5 terjual lebih dari 43.000 unit di minggu pertama rilis.

Sony melaporkan total pengiriman PS5 hingga kuartal yang berakhir pada 31 Desember 2020 sebanyak 4,5 juta unit, yang merupakan angka serupa dengan penjualan dari peluncuran PS4. Total penjualan PlayStation 5 mencapai 7,8 juta pada 31 Maret 2021, melebihi dari 7,6 juta unit yang menjadi angka penjualan PlayStation 4 dalam dua kuartal pertama peluncurannya.

Penjualan PS5 secara total melebihi Xbox Series X dan S lebih dari dua kali lipat pada kuartal pertama 2021, menurut riset pasar baru dari kelompok analis independen.

Analisis Ampere menempatkan data penjualan globalnya untuk dua konsol generasi baru, serta Nintendo Switch, untuk melengkapi dalam laporan terbaru. Menurut angka Ampere, Sony total menjual 2,83 juta konsol PS5 kepada konsumen dari Januari hingga Maret tahun ini, sementara Microsoft menjual 1,31 juta konsol Xbox Series X dan S. Penjualan untuk waktu perilisan kedua akan cenderung lebih tinggi jika tidak untuk kendala pasokan seperti kekurangan semikonduktor global membuat lebih sulit untuk menemukan pasar PS5 dan pasar Xbox Seri X.

“Dalam kondisi ini, kedua versi PlayStation 5 yang digabungkan terjual lebih banyak dari kedua versi konsol Xbox Series dengan lebih dari 2 banding 1,” tulis analis Piers Harding-Rolls. “Sony akan senang bahwa circle pasar PS4-nya terus berlanjut hingga generasi baru, tetapi sangat sulit untuk mengimbangi permintaan para konsumen dengan kondisi pasar saat ini.”

Namun penjualan PlayStation mesti tunduk pada angka yang diraij Nintendo, penjualan konsol Switch yang dilaporkan menyentuh angka sebesar 5,86 juta selama kuartal pertama 2021 lebih banyak daripada PlayStation dan Xbox generasi baru sekalipun jika totalnya digabungkan. Seperti yang ditunjukkan oleh Harding-Rolls, Switch sedang berada di puncak siklus penjualannya sementara konsol yang lebih baru masih memiliki waktu bertahun-tahun untuk mencapai titik itu.

TV vs PC

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *